Mengkonstruksi Instrumen High Order Thinking Skill pada Materi Aeronautical Decision Making di dalam Pelaksanaan Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Siswa Penerbang Polri
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik mengkonstruksi instrumen yang berupa butir soal High Order Thinking Skill pada materi Aeronautical Decision Making di dalam pelaksanaan Pendidikan Pengembangan Spesialisasi siswa penerbang Polri. Penelitian ini melibatkan 44 siswa penerbang Polri baik yang sedang melaksanakan Pendidikan maupun yang sudah melaksanakan Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangspes) dengan posisi sebagai kapten penerbang dan copilot dan mengerjakan 20 butir soal HOTS. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan serta menggunakan tahapan pada teori Borg dan Gall. Dilihat dari hasil validitas secara kualitatif, perhitungan dengan menggunakan Jmetriks versi 4.1.1 untuk nilai realibilitas, taraf sukar butir, daya beda serta fungsi pengecoh, maka penulis menyimpulkan bahwa perlu dilakukan perbaikan kembali pada kualitas soal, selain itu peneliti menilai bahwa siswa penerbang sudah memahami dengan konsep aeronautical decision making atau terutama dalam pengambilan keputusan. Hal ini karena selalu diajarkan dan diulang-ulang dalam setiap materi praktek terbang sehingga siswa dapat menjawab materi soal dengan baik.
Hak cipta atas artikel yang diterbitkan di Jurnal Litbang Polri tetap menjadi milik penulis. Namun, dengan menyerahkan naskah dan menyetujuinya untuk diterbitkan, penulis memberikan hak publikasi pertama (first publication right) kepada Jurnal Litbang Polri untuk:
- Mempublikasikan artikel secara terbuka (open access)
- Mendistribusikan, menyimpan, dan menayangkan ulang artikel dalam format cetak maupun elektronik
- Mengarsipkan artikel dalam sistem penyimpanan digital (repository) lembaga, indeksasi ilmiah, dan basis data publikasi
Penulis tetap berhak menggunakan artikelnya untuk keperluan pribadi, akademik, atau institusional dengan tetap mencantumkan sumber publikasi aslinya di Jurnal Litbang Polri.