Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) Dalam Mendukung Terwujudnya Road Safety Policing (Studi Kasus Polda Banten)

  • Charles Rio Valentine Pardede Universitas Indonesia
Kata Kunci: Lalu Lintas, ETLE, Road Safety Policing, Kesadaran Masyarakat

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis Implementasi Kebijakan program ETLE dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program ETLE dalam mendukung terwujudnya Road Safety Policing di wilayah hukum Polres Serang Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) merupakan tujuan yang diinginkan setiap pengguna jalan. Perilaku pengguna jalan sangat berpengaruh terhadap terwujud atau tidaknya Kamseltibcarlantas.  Kehadiran E-Tilang di Kota Serang ini sebetulnya mampu untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran hukum akan tertib lalu lintas. Akan tetapi, dalam praktik di lapangan masih belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan kendala-kendala yang dihadapinya.

Diterbitkan
2022-04-11
Cara mengutip
PardedeC. R. V. (2022). Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) Dalam Mendukung Terwujudnya Road Safety Policing (Studi Kasus Polda Banten). Jurnal Litbang Polri, 25(1), 61-69. https://doi.org/10.46976/.v25i1.164