PERAN BHABINKAMTIBMAS DALAM MEWUJUDKAN KAMTIBMAS DI DESA DAN KAWASAN KOMUNITAS SEBAGAI BASIS DETEKSI

  • SURYANTO SURYANTO PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN POLRI

Abstrak

Reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Reformasi birokrasi menjadi acuan bagi Polri sebagai bagian dari fungsi pemerintahan negara dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

 

Dalam membangun institusi Polri harus selaras dengan agenda pembangunan nasional yang memuat visi, misi, strategi pokok pembangunan, kebijakan dan sasaran serta program dan kegiatan. Salah satu program unggulan Polri yang saat ini sudah tergelar adalah program Bhabinkamtibmas disetiap desa/ kelurahan. Hal ini sesuai dengan Surat Kapolri nomor : B/3377/XI/2011/Baharkam tanggal 29 September 2011, sebagai wujud sebaran pelayanan masyarakat dengan Polsek sebagai lini terdepan pelayanan dan basis deteksi.

Diterbitkan
2017-12-28
Cara mengutip
SURYANTOS. (2017). PERAN BHABINKAMTIBMAS DALAM MEWUJUDKAN KAMTIBMAS DI DESA DAN KAWASAN KOMUNITAS SEBAGAI BASIS DETEKSI. Jurnal Litbang Polri, 20(4), 48-89. Diambil dari https://jlp.puslitbang.polri.go.id/jlp/LitbangPOLRI/article/view/87