Evaluasi kualitas Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Korlantas Polri guna Mendukung Tugas Kepolisian dalam Rangka Penguatan Pelayanan Publik
Aplikasi digital korlantas Polri
Abstrak
Transformasi menuju Polri Presisi merupakan program prioritas utama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. untuk memodernisasi sarana dan prasarana pelayanan publik guna memudahkan akses pelayanan masyarakat. Salahsatunya Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah meluncurkan layanan aplikasi digital, yakni SIM Nasional Presisi (SINAR), pembayaran pajak kendaraan di Samsat Digital Nasional (SIGNAL), Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), dan Integrated Road Safety Management (IRSMS) untuk pemantauan kecelakaan Lalu Lintas. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi aplikasi digital Korlantas Polri (SINAR, SIGNAL, ETLE, dan IRSMS) agar memenuhi standar aplikasi Polri yang diamanatkan Master Plan Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri sesuai Keputusan Kapolri Nomor 704/V/2018 serta sejauhmana mampu memberikan pelayanan cepat, mudah, dan transparan juga melindungi data pribadi pengguna. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi digital Korlantas Polri telah berkembang, tetapi perlu perbaikan. Hosting aplikasi di data center swasta, integrasi belum optimal, proses pengolahan data kurang efisien, dan tata kelola keamanan masih perlu diperbaiki merupakan beberapa aspek yang perlu ditindaklanjuti. Secara kuantitatif, aplikasi digital Korlantas Polri dinilai bermanfaat oleh masyarakat, tetapi sebagian besar tidak sepenuhnya mengenal fitur-fitur seperti SINAR, SIGNAL, dan ETLE. Sehingga perlunya sosialisasi yang lebih luas terlihat dari segi kualitatif. Untuk Fitur layanan IRSMS dinilai sangat efektif dalam memberikan pelayanan masyarakat. Secara keseluruhan, evaluasi ini memberikan wawasan penting untuk meningkatkan kualitas aplikasi digital Korlantas Polri agar lebih mendukung tugas kepolisian dalam memberikan pelayanan masyarakat.