Pengaruh Disiplin Kerja, Psychological Capital dan Perceived Organizational Support Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Pada Bareskrim Polri (Studi Terhadap Penyidik Polri)

  • Herawati Supristyaning Hartanti Polri
Kata Kunci: Disiplin Kerja, Psychological Capital, Perceived Organizational, Kinerja

Abstrak

Penyidik merupakan anggota Polri yang diberi tugas khussu melakukan penyidikan. Kinerja penyidik akan sangat terlihat oleh masyarakat sehingga bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Kinerja penyidik perlu ditigkatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dan mengatasi permasalahan criminal dengan prefesional dan proporsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja, Psychological Capital dan Perceived Organizational Support Terhadap Kinerja Penyidik Bareskrim Polri. Adapun variabel bebas pada penelitian ini yaitu Disiplin Kerja. sychological Capital dan Perceived Organizational Support. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Kinerja Pegawai Negeri pada Bareskrim Polri (Studi terhadap Penyidik Bareskrim Polri). Pengambilan data menggunakan kuesioner pada 198 responden yang terpilih secara acak. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi The Partial Least Square (PLS). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variable Disiplin Kerja berpengaruh positif terhadap variabel Kinerja Penyidik pada Bareskrim Polri; 2) Psychological Capital berpengaruh positif terhadap tingkat kinerja Penyidik pada bareskrim Polril; 3) Adanya pengaruh positif dari Perceived Organizational Support terhadap Kinerja Penyidik Bareskrim Polri; dan 4) Disiplin kerja, Psychological Capital dan Perceived Organizational Support terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja.

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Psychological Capital, Perceived Organizational, Kinerja

 

Diterbitkan
2022-08-30
Cara mengutip
HartantiH. S. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja, Psychological Capital dan Perceived Organizational Support Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Pada Bareskrim Polri (Studi Terhadap Penyidik Polri). Jurnal Litbang Polri, 25(2), 108-117. https://doi.org/10.46976/.v25i2.173