KELAYAKAN KENDARAAN PATROLI R4 FUNGSI LANTAS DAN SABHARA DALAM MEMELIHARA SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF

  • Syamsudin Djanieb

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan responden personil Polri Satker Lantas dan Sabhara, yang mengawaki kendaraan patroli R4. Jumlah responden 1713 orang, yang merupakan unit sampel, dari Polda sampel, yaitu Polda Banten, Bali, Kalteng, Lampung, Sultra, Sumsel, Jabar dan Jateng. Variabel yang diukur dan dianalisis adalah karakteristik geografis wilayah, jenis kendaraan patroli R4 beserta kelengkapan standar kendaraan dan kelengkapan standar personil yang mengawaki kendaraannya, harwat kendaraan beserta mekanisme operasionalnya. Tujuannya untuk menganalisis kelayakan kendaraan, sebagai salah satu alat operasinal pengamanan dan pemeliharaan kamtibmas. Dari hasil penelitian, kelayakan kendaraan ditelaah dari karakteristik geografis wilayah, untuk wilayah dengan kontur pedataran adalah jenis sedan dan MPV, dengan transmisi manual atau automatic dan ccnya 2000 atau 2500. Sedangkan untuk wilayah dengan kontur perbukitan, adalah jenis double cabin dan SUV, dengan transmisi manual dan ccnya 2200 atau 2500. Pada saat ini angka kelayakannya baru 47,8%. Kelayakan dari segi factual kendaraan, 37,46%, sedangkan dari segi standar minimal operasional, 46,56, sehingga jika diakumulasikan, maka kelayakan kendaraan patroli R4 fungsi Lantas dan Sabhara, sebagai salah satu alat pemelihara kamtibmas, baru 43,99%. Oleh karena itu bagian perencanaan dan logistic Mabes Polri, perlu melibatkan Polda dan Polres dalam menyusun perencanaan pengadaan dan pendistribusian kendaraan, memberikan pelatihan kepada personil yang mengawaki kendaraan, dalam hal keterampilan mengemudi, merawat dan memelihara kendaraan.

Diterbitkan
2020-08-30
Cara mengutip
DjaniebS. (2020). KELAYAKAN KENDARAAN PATROLI R4 FUNGSI LANTAS DAN SABHARA DALAM MEMELIHARA SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF. Jurnal Litbang Polri, 23(2), 74-84. https://doi.org/10.46976/litbangpolri.v23i2.106