PERSPEKTIF PUNGUTAN LIAR PADA PELAYANAN SSB
Abstract
Kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia telah menjadi sorotan berbagai pihak terutama oleh masyarakat, kalangan akademis, praktisi dan media massa. Berbagai keluhan sudah umum disuarakan seperti pelayanan yang berbelitbelit, adanya pungutan liar, tidak adanya kepastian biaya, waktu dan persyaratan pelayanan lainnya. Pelayanan menjadi salah satu indikator keberhasilan penyelenggara pemerintah terhadap tingkat kepuasan masyarakat, meskipun demikian mewujudkan kepuasan secara menyeluruh tidaklah mudah, apalagi masyarakat sekarang lebih kritis dan betul-betul telah memahami haknya dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan kepuasan kebutuhan. Kepolisian Republik Indonesia merupakan bagian fungsi pemerintahan Negara dibidang pemeliharaan dan keamanan, ketertiban masyarakat, penegak hukum, pengayoman, dan pelayanan pada masyarakat. Secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa polisi sangatlah dekat dengan pelayanan publik.
The copyright of articles published in Jurnal Litbang Polri remains with the author. However, by submitting the manuscript and agreeing to its publication, the author grants Jurnal Litbang Polri the first publication right to:
-
Publish the article openly (open access)
-
Distribute, store, and reproduce the article in both print and electronic formats
-
Archive the article in institutional digital repositories, scientific indexing services, and publication databases
Authors retain the right to use their article for personal, academic, or institutional purposes, provided that the original source of publication in Jurnal Litbang Polri is properly cited.