Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri di Tingkat Polres

  • LILIK HERI SETIADI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN POLRI

Abstrak

Penyelenggaraan pembangunan pemerintahan, atau yang di sebut reformasi birokrasi, pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia lebih maju, mandiri, adil, dan makmur. Untuk itu program pemerintah saat ini diarahkan untuk membenahi berbagai persoalan dalam percepatan pembangunan seperti penerapan good governance, pelayanan publik, dan lain-lain. Upaya-upaya tersebut diatas tentunya harus didukung oleh semua pihak.

 

Demikian halnya dengan Polri, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat (trust building) menuju Strive for excellent, sebagai tahapan ketiga dari Grand Strategi Polri, diperlukan komitmen dari seluruh jajaran Polri untuk melaksanakannya dengan sungguh-sungguh atas semua kebijakan pimpinan Polri, melalui reformasi birokrasi berupa quick respon, transparansi penegakan hukum (penyidikan), transparansi pelayanan dan transparansi dalam bidang rekrutmen personil, serta menjamin Harkamtibmas. Hal itu semua tidak terlepas dari baik tidaknya pelaksanaan tata kerja organisasi (Polres) yang ada.

Diterbitkan
2018-08-27
Cara mengutip
SETIADIL. H. (2018). Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri di Tingkat Polres. Jurnal Litbang Polri, 21(3), 289-389. Diambil dari https://jlp.puslitbang.polri.go.id/jlp/LitbangPOLRI/article/view/65