Efektivitas Peralatan Dalmas Polri Dalam Rangka Penanganan Konflik Sosial

  • SUMARJIYO SUMARJIYO PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN POLRI

Abstrak

Berbagai agenda kegiatan yang dilakukan di beberapa daerah Indonesia, baik kegiatan yang berkaitan dengan Politik, Sosial, Ekonomi maupun Hukum, memerlukan Pengamanan, Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan Kepolisian.

Mengingat masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk, maka kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat itu rawan terjadi konflik sosial, baik konflik yang bersifat horisontal maupun vertikal. Kegiatan - kegiatan yang potensial terjadinya konflik Sosial antara lain, proses demokratisasi yang terimplementasi melalui kegiatan pesta demokrasi berupa Pemilukada, Implementasi kebijakan otonomi daerah yang salah satunya berupa dinamika pengelolaan sumberdaya alam, konflik kepentingan antara pusat dan daerah terhadap pengelolaan sumberdaya alam, dan masih banyak lagi potensi – potensi terjadinya konflik Sosial, termasuk konflik antar etnis.

Diterbitkan
2018-01-26
Cara mengutip
SUMARJIYOS. (2018). Efektivitas Peralatan Dalmas Polri Dalam Rangka Penanganan Konflik Sosial. Jurnal Litbang Polri, 21(1), 178-214. Diambil dari https://jlp.puslitbang.polri.go.id/jlp/LitbangPOLRI/article/view/82