PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PERSEPSI KEADILAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA SATUAN KERJA BIRO LOGISTIK POLDA JATENG

  • Soco Adi Wibowo Unisbank
  • fania mutiara savitri UIN Walisongo Semarang
  • Euis Soliha Universitas Stikubank Semarang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat komitmen organisasional pegawai biro Logistik Polda Jateng. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu persepsi keadilan dan beban kerja. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah komitmen organisasional dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Sample  terdiri dari 100 pegawai Biro Logistik Polda Jateng. Pada penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis Regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Analisis yang digunakan meliputi, uji instrument penelitian, koefisien determinasi, uji hipotesis dan uji sobel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keadilan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional sementara beban kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Kepuasan kerja terbukti dapat memediasi pengaruh persepsi keadilan terhadap komitmen organisasional.

Diterbitkan
2022-12-27
Cara mengutip
WibowoS. A., savitri fania mutiara, & SolihaE. (2022). PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PERSEPSI KEADILAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA SATUAN KERJA BIRO LOGISTIK POLDA JATENG. Jurnal Litbang Polri, 25(3). https://doi.org/10.46976/.v25i3.184