Mengkonstruksi Instrumen High Order Thinking Skill pada Materi Aeronautical Decision Making di dalam Pelaksanaan Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Siswa Penerbang Polri

  • Stefanus Timonora Wahyu Ariyanto Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: konstruksi instrumen, high order thinking skill

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik mengkonstruksi instrumen yang berupa butir soal High Order Thinking Skill pada materi Aeronautical Decision Making di dalam pelaksanaan Pendidikan Pengembangan Spesialisasi siswa penerbang Polri. Penelitian ini melibatkan 44 siswa penerbang Polri baik yang sedang melaksanakan Pendidikan maupun yang sudah melaksanakan Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangspes) dengan posisi sebagai kapten penerbang dan copilot dan mengerjakan 20 butir soal HOTS. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan serta menggunakan tahapan pada teori Borg dan Gall. Dilihat dari hasil validitas secara kualitatif, perhitungan dengan menggunakan Jmetriks versi 4.1.1 untuk nilai realibilitas, taraf sukar butir, daya beda serta fungsi pengecoh, maka penulis menyimpulkan bahwa perlu dilakukan perbaikan kembali pada kualitas soal, selain itu peneliti menilai bahwa siswa penerbang sudah memahami dengan konsep aeronautical decision making atau terutama dalam pengambilan keputusan. Hal ini karena selalu diajarkan dan diulang-ulang dalam setiap materi praktek terbang sehingga siswa dapat menjawab materi soal dengan baik.

Diterbitkan
2024-04-30
Cara mengutip
AriyantoS. T. W. (2024). Mengkonstruksi Instrumen High Order Thinking Skill pada Materi Aeronautical Decision Making di dalam Pelaksanaan Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Siswa Penerbang Polri. Jurnal Litbang Polri, 27(1), 13-30. https://doi.org/10.46976/litbangpolri.v27i1.212