Inovasi Pelayanan Publik SIM Cak Bhabin terhadap Mutu Layanan dan Kepercayaan Masyarakat
Innovation of Public Service SIM Cak Bhabin towards Service Quality and Public Trust
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya Polrestabes Surabaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun kepercayaan publik melalui inovasi SIM Cak Bhabin Polrestabes Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan indikator inovasi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2015. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan indikator konsistensi dalam menjaga layanan dan produk sebagaimana dikemukakan Anggarsari (2022) dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepercayaan publik sebagaimana dikemukakan Mas'oed (2014). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program inovasi SIM Cak Bhabin Polrestabes Surabaya telah berhasil dilaksanakan, sejalan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan publik yang prima. Selain itu, program ini juga berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan publik dan mengikuti perkembangan teknologi di era digital. Diharapkan program inovasi SIM Cak Bhabin Polrestabes Surabaya dapat terus berjalan secara konsisten dan berkelanjutan dengan dukungan kuat dari para pemangku kepentingan.